Wisata

Jelajah 41 Tempat Wisata di Medan Dengan Motor

wisata seru dan menyenangkan

Tempat Wisata di Medan – Siapa yang tidak kenal dengan Kota Medan? Kota medan merupakan kota terbesar di Sumatera dan di luar Jawa. Kota Medan menjadi kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya. Kota ini sangat ramai sekali, geliat perekonomian masyarakatnya membuat Kota ini tidak pernah ‘tidur’.

Ternyata tidak hanya maju kotanya saja yang menjadi daya tarik Kota Medan, melainkan tempat wisatanya. Ada banyak tempat wisata di Medan yang wajib dikunjungi. Nah, kali ini kita akan jalan-jalan keliling Kota Medan dan sekitarnya untuk menikmati liburan seru dan asyik.

Tempat Wisata di Medan dan Sekitarnya

Berikut ini ada sekitar 41 tempat Wisata di Medan dan sekitarnya yang wajib dikunjungi yang berhasil Tempatwisataseru.com rangkum untuk anda. Ini tidak termasuk danau Toba dan Pulau Samosir lo, karena sudah pernah diulas sebelumnya (Lihat di : Tempat Wisata di Sumatera Utara ), silahkan simak di bawah ini:

1. Objek Wisata Eksotis Danau Linting

Objek wisata yang pertama adalah danau Linting. Danau ini memiliki keindahan yang sangat mempesona. Wisatawan yang datang ke Kota medan wajib mampir ke danau yang memiliki air berwarna hijau ini.

Lokasinya memang tidak berada di Kota medan melainkan ada di Deli Serdang. Danau unik ini memiliki warna hijau dan biru yang di sekelilingnya terdapat batu cadas.

Danau Linting berlokasi di Kec. STM Hulu desa Sibunga-bunga Hilir Kabupaten Deli Serdang sekitar 2 jam dengan motor.

Danau mungil yang memiliki nuansa mistis namun menyejukkan karena di sekelingnya terdapat pepohonan dengan akar yang panjang, mistis sekaligus mempesona!

Aku paling suka dengan suasana Danau Linting dengan udara yang sejuk dan damai. Cocok untuk tempat refreshing di hari libur!

Lokasi: Rumah Rih, Sinembah Tj. Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara

2. Tempat Wisata Alam Air Terjun Dua Warna

Air terjun dwi warna atau air terjun dua warna menjadi salah satu tempat wisata favorit di kecamatan Sibolangit. Air terjun ini menjadi salah satu tempat yang paling eksotis di muka bumi khususnya di Sumatera Utara.

Tempat Wisata Alam Air Terjun Dua Warna di Medan Dengan warna hijau dan biru, wisatawan yang berkunjung apalagi yang baru pertama kali datang akan takjub luar biasa.

Air terjun ini berjarak sekitar 2 – 3 jam perjalanan dari kota Medan menuju Kabupaten Deli Serdang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter, dan berada di ketinggian 1475 meter dari permukaan laut. Letak air terjun ini terpisah oleh beberapa batuan yang berada di sekitarnya.

Satu berwarna biru cerah dan berhawa dingin, satu lagi berwarna hijau dengan hawa hangat. Asal usul dari Air Terjun Dua Warna ini belum dapat diketahui secara pasti.

Cara menuju lokasi : dari terminal Pinang Baris Medan, anda dapat naik bus antar kota antar daerah (AKAD) menuju terminal Sibolangit, dari terminal naik bus menuju areal perkemahan pramuka di Sibolangit.

Kemudian memulai perjalanan menjelajahi hutan, dan menyeberangi sungai. Biaya angkot kira-kira Rp. 40.000 sekali jalan.

Lokasi: Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara

3. Objek Wisata Alam Air Terjun Batu Belah Sibolangit

Masih tempat yang sama dengan objek wisata nomor 2, di sekitar Deli Serdang, tepatnya di Bumi perkemahan Sibolangit, anda juga bisa menemukan objek wisata yang tidak kalah menariknya yaitu Wisata Alam Batu Belah.

Objek Wisata Alam Air Terjun Batu Belah Sibolangit Untuk menikmati air terjun ini kita hanya membayar Rp 4.000 saja, untuk masuk tempat regsitrasinya sama dengan Air Terjun Dua Warna.

Kalau sebelum belum saya jelaskan bagaimana cara menuju lokasi, nah anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua, yakni dari kota Medan menuju arah Berastagi kurang lebih 2 -3 jam perjalanan tepatnya berada di Bumi Perkemahan Sibolangit.

Sesampainya di Bumi Perkemahan dilanjutkan menuju Pos Ranger untuk registrasi dan ikuti petunjuk dari petugas.

Bagaimana? Anda tertarik ke tempat wisata yang satu ini?

4. Destinasi Wisata Gunung Sibayak

Gunung Sibayak menjadi salah satu tempat wisata di Karo yang menarik untuk dikunjungi, lokasi tepatnya ada di Kecamatan Beras Tagi. Kenapa gunung ini menarik untuk dikunjungi?

Destinasi Wisata Gunung Sibayak Karena pemandangan gunung ini sangat indah sekali. Ditambah lagi ada air terjun dua warna yang sangat terkenal (sudah dijelaskan di atas).

Bagi yang hobi mendaki, gunung ini merupakan tujuan wisata yang menarik dan menantang untuk ditaklukan. Gunung ini tidak terlalu sulit didaki. Biasanya mereka melakukan pendakian pada hari sabtu hingga minggu. Di puncak gunung ini terdapat kawah yang landai, yang berukuran sekitar 200 x 200 meter.

Cara menuju lokasi : dari terminal Pinang Baris naik bus yang menuju Berastagi, tarifnya sekitar Rp. 5.000.

Lokasi: Jaranguda, Merdeka, Kabupaten Karo, Sumatera Utara

5. Destinasi Wisata Bukit Lawang di Sumatera Utara

Bukit lawang menjadi salah satu destinasi wisata di Sumatera Utara yang wajib dikunjungi. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini. Bukit Lawang lokasinya ada Taman Leuser, taman ini sangat terkenal dengan orang utan.

Orang utan Kita bisa melihat orang hutan di Bukit Lawang, orang hutan di alam bebas yaitu di hutan atau hanya sekedar untuk feedings monkeys.

Kebanyakan turis mancanegara singgah kesini dan mencoba menjelajah hutan liar Sumatera. Jarak Bukit Lawang dari Medan ialah 80 km dan menuju kesana melalui kota Binjai.

Di sekitar Taman Lauser ada Sungai Bahorok dan sebuah jembatan yang besar dan daerah bisa merasakan suasana hutan dan pedesaan.

Lokasi: Bohorok, Kab. Langkat

6. Liburan Seru River Tubing di Sungai Bukit Lawang

Sungai Bukit Lawang Di Bukit lawang kita juga bisa mandi-mandi disungai. RIVER TUBING! Selain bersantai ada berbagai pilihan aktivitas bisa dilakukan di area rekreasi Bukit Lawang seperti tracking, orang utan feeding, rafting dan juga river tubing.

Lokasi: Bohorok, Kab. Langkat

7. Ke Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan

Nah, ini dia objek wisata di Medan yang wajib dikunjungi, tempat penangkaran buaya. Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan menjadi salah satu tempat liburan yang seru sekaligus menantang.

Ke Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan via antara news Buaya-buaya disini siap menyambut anda ‘keramahan’ ala buaya. Anda bisa melihat ribuan ekor buaya di rawa buatan dan juga di kolam-kolam yang umur buayanya variatif hingga umur 78 tahun.

Lokasi Taman Buaya Asam Kumbang di Sunggal Medan dan sangat mudah untuk ditemukan karena banyak trasnportasi umum serta biaya masuk taman buaya sunggal cukup membayar Rp5.000.

Lokasi: Jl. Bunga Raya II, Asam Kumbang, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara

8. Wisata Sejarah Istana Maimun Medan

Medan merupakan salah satu pusat perkembangan Islam di Indonesia, dan istana Maimun menjadi saksi sejarah yang masih kokoh berdiri hingga kini.

Wisata Sejarah Istana Maimun Medan Istana yang serba kuning ini berdiri kokoh di jantung tengah Kota Medan. Lokasi Istana Maimun di Jl. Brig. Katamso Kel. Sukaraja Kec. Medan Maimun, Medan.

Kalau anda liburan ke Medan, jangan sampai lupa untuk mampir ke istana ini. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena terdapat banyak transportasi umum dan letaknya di tepi jalan Katamso dan kelihatan dari depan jalan sehingga mudah untuk di akses.

Istana dibangun pada tahun 1888 pada masa pemerintahan Kesultanan Deli oleh Sultan Mahmud Al Rasyid. Bangunan memiliki desain yang unik dan masih berdiri kokoh hingga saat ini menjadi warisan budaya bagi cucu keturunan.

Untuk bangunannya memiliki 3 klasifikasi yakni bangunan induk atau inti, bangunan sayap kanan, serta bangunan sayap kiri dengan desain dan interiornya memadukan unsur Timur Tengah, Italia, India, serta Spanyol dan eksteriornya hampir menyerupai masjid.

Pengunjung bisa menikmati koleksi dari Istana yang berasal dari masa lalu namun masih utuh seperti foto Sultan beserta seluk beluk sejarah Kerajaan Deli, dan terdapat Singgasana Sultan yang mewah.

Untuk masuk ke dalamnya kita cukup membayar Rp. 5000 rupiah saja, murah sekali bukan?

Lokasi: Jl. Brig. Katamso Kel. Sukaraja Kec. Medan Maimun, Medan

9. Wisata Religi ke Masjid Raya Medan

Masjid raya Medan menjadi tujuan wisata yang selanjutnya. Masjid yang berdiri kokoh ini menjadi ikon Kota Medan.

Wisata Religi ke Masjid Raya Medan Masjid kebanggan Kota Medan ini memiliki nama lain Masjid Raya Al Mashun yang berdiri pada tanggal 21 Agustus 1906 yang berbentuk octagonal dan memiliki kubah sebanyak lima buah dengan warna putih dengan kubah berwarna hitam dan membawa kesan yang menakjubkan.

Tempat ini sangat mudah dijangkau, masjid raya medan berlokasi di Jl. Sisingamangaraja Medan. Tidak jauh dari Istana Maimun cukup berjalan kaki sekitar 200 meter.

Majid ini menjadi objek wisata religi bagi umat musim yakni mengunjungi Masjid Raya Kota Medan. Belum afdol rasanya perjalanan liburan di kota Medan jika belum mengunjungi tempat ini.

Masjid Raya bukan sekedar tempat ibadah biasa, namun menjadi salah satu kebanggaan dan kebesaran masyarakat Medan.

Memiliki desain yang kekinian dengan menggabungkan beberapa unsur budaya yakni India, Spanyol, serta Timur Tengah menghasilkan bangunan yang menawan sehingga membuat siapa saja terpana.

Masjid ini menjadi masjid pertama yang dibangun di Kota Medan dengan usia yang mencapai ratusan tahun memiliki bentuk segi delapan dengan bagian tiap sayapnya menghadap penjuru mata angin.

Lokasi : Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Sumatera Utara.

10. Wisata Alam Air Terjun Sipiso-piso Tongging

Selain dua air terjun di atas, Sumatera Utara masih memiliki air terjun yang layak untuk kita kunjungi, namanya Air terjun Sipiso-piso Tongging yang berada sekitar 135 km dari Brasatagi.

Wisata Alam Air Terjun Sipiso-piso Tongging Keindahan air terjun ini tidak bisa digambarkan dengan kata-kata, dengan ketinggian sekitar 120 membuat air terjun sipiso-piso menjadi semakin eksotis.

Keindahan air terjun ditambah pemandangan Danau Toba yang indah serta matahari di air terjun menambah keindahan air terjun Sipiso-piso Tongging yang indah.

Bersiap-siap olah raga jika ingin pergi ke dasar air terjun Sipiso-piso Tongging karena harus melewati 1000 anak tangga kira-kira setengah jam turun ke bawah melalui tangga yang berliku-liku dengan jalan kaki di sepanjang tebing yang curam.

Benar-benar merasakan sensasi adventure jika melewati jalan setapak yang berliku dari Air terjun Sipio-piso. Air terjun Sipiso-piso Tongging sangat indah karena pemandangan luar biasa indah dari Danau Toba yang bisa dilihat di tengah bukit Sipiso-piso Tongging yang di sekelilingnya berwarna hijau oleh tumbuhan berpadu dengan biru Danau yang di sekelilingnya lembah yang menakjubkan.

Lokasi: Pengambaten, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara

11. Tempat Wisata Menarik Rahmat Gallery Medan

Rahmat Galerry menjadi tempat wisata yang cukup unik, disini kita bisa melihat berbagai koleksi hewan yang sudah diawetkan.

Tempat Wisata Menarik Rahmat Gallery Medan Satu lagi wisata edukasi yang ada di kota Medan, yakni berkunjung ke Rahmat International Wildlife Museum and Galery yang berlokasi di Jalan S Parman No. 309, Kelurahan Petisan Hulu, Kecamatan Medan Baru.

Ada banyak sekali hewan dari berbagai belahan dunia yang sudah menjadi pajangan yang menarik sekali. Rahmat Galerry merupakan museum pengawetan hewan yang terkenal dengan “wild museum”.

Hewan-hewan ini bukan sengaja dibunuh ya tapi hewan yang sudah mati lalu diawetkan! Kamu akan takjub dengan isi dari museum yang lengkap banget.

Disini, ada sekitar 1000 spesies hewan yang sudah diawetkan dan menjadi koleksinya. Lokasi Museum Satwa Internasional Rahmat di Jl. S. Parman Medan dengan harga tiket masuk Rahmat Galleri sebesar Rp 25.000 untuk dewasa.

Dengan berwisata ke tempat ini kamu akan diajak berwisata sembari mencari berbagai ilmu pengetahuan mengenai kawanan hewan langka.

Koleksi museum mencapai 2000 ekor yang berasal dari berbagai Negara selain Indonesia seperti Asia, Amerika, serta Afrika. beberapa jenis satwa yang diawetkan seperti Komodo, Rusa, Kambing Gunung dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jalan S Parman No. 309, Kelurahan Petisan Hulu, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan

12. Liburan Asyik ke Kampung Keling Medan

Saat liburan ke medan jangan lupa untuk mampir di kampung keling atau sekarang yang disebut dengan Kampong Madras ialah nama sebuah tempat yang ada di Medan yang memiliki penduduk India yang besar. Tak jauh dari Sun Plaza Medan terdapat sebuah kuil yang unik berwarna kuning keemasan.

Liburan Asyik ke Kampung Keling Medan Kampung Keling bisa juga disebut Litte India nya Medan. Kalau yang doyan India boleh deh datang ke Kampung Keling maka hidung mancung akan bertaburan di sekitar Kampung Keling.

Lokasi: Antara Kecamatan Medan Petisah dan Medan Polonia

13. Menikmati Pesona Keindahan Air Terjun Tangkahan

Tengkahan sendiri merupakan sebuah lokasi tempat wisata terpadu di Sumatera Utara. Ada banyak sekali wahana disini, yang jelas sangat alami sekali.

Menikmati Pesona Keindahan Air Terjun Tangkahan Anda yang menjelajah, maka tangkahan harus menjadi lokasi yang wajib dikunjungi jika datang ke Medan Sumatera Utara. Disini anda bisa menemukan air terjun yang memiliki keindahan yang memukau.

Wisata Tangkahan berupa jelajah hutan liar, gua kalong, cubbing, treking gajah dan air terjun atau sekedar mandi di Sungai dengan pemandangan indah pegunungan. Tangkahan merupakan salah satu eko wisata yang ada di Indonesia.

Lokasi: Medan Labuhan, Kota Medan

14. Mencoba Keseruan Naik Gajah di Tangkahan

Nah ini dia salah satu kegiatan yang paling menarik di Tangkahan, menjelajahi hutan mengendarai gajah, pasti seru sekali.

Mencoba Keseruan Naik Gajah di Tangkahan Oh ya, hampir semua kegiatan wisata ada di sini. Inilah daya tarik serta paket lengkap dari Tangkahan The Hidden Paradise di Sumatera Utara. Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan keinginan, mau soft trekking atau petualangan?

Tidak sulit mencapai lokasi Tangkahan karena tersedia alat transportasi seperti bus yang siap mengantarkan anda hingga ke tujuan.

Jika wisatawan dari luar pulau, setibanya di Bandara Kualanamu, anda bisa menggunakan Damri ke Terminal Pinang Baris lalu dilanjutkan menuju Tangkahan. Waktu perjalanan kurang lebih 4-5 jam.

Di Tangkahan biasanya ada pemandu wisata yang siap mengantarkan ke berbagai tempat yang ingin anda kunjungi.

Untuk para pengunjung yang berniat tinggal dalam beberapa hari, tak perlu khawatir karena telah tersedia berbagai tempat penginapan seperti Bamboo River Lodge, Green Lodge, Jungle Lodge, dan Tangkahan Inn.

Menurut informasi harga penginapan di tempat ini lumayan terjangkau namun tetap dengan kualitas serta pelayanan yang baik, hanya berkisar Rp 100.000 – Rp 170.000. Cukup murah bukan? Anda akan benar-benar dimanjakan saat berada di Tangkahan The Hidden Paradise di Sumatera Utara.

Apabila ingin ke kawasan ekowisata, terlebih dahulu harus melewati Sungai Batang Serangan yang memiliki arus cukup deras.

Terdapat rakit sebagai alat penyeberangan, usahakan tetap waspada saat anda naik rakit namun tak perlu takut. Nikmati sensasi berada di atas rakit di tengah derasnya arus sungai.

Lokasi: Medan Labuhan, Kota Medan

15. Tempat Wisata Seru Danau Lau Kawar

Pasca meletusnya gunung Sinabung, nama gunung ini menjadi terkenal dimana-mana. Ternyata di bawah kaki gunung Sinabung ada sebuah dana yang sangat indah sekali yang menarik untuk kita kunjungi, yaitu danau Lau Kawar.

Tempat Wisata Seru Danau Lau Kawar Lokasi danau yang eksotis ini ada di Desa Sigarang-Garang Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Konon danau ini menyimpan banyak misteri dan tanda tanya, untuk mengungkap misteri yang kian menimbun tanda tanya. Danau ini menjadi salah satu tempat favorit untuk camping di Sumatera Utara.

Lokasi: Kuta Gugung, Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara

16. Objek Wisata Menarik Salju Panas Tinggi Raja

Salju panas merupakan tempat wisata unik di Sumatera utara yang wajib dikunjungi, bagaimana bisa salju panas? Ternyata bisa.

Objek Wisata Menarik Salju Panas Tinggi Raja Silahkan datang ke Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun. Disini anda bisa menemukan salju panas, namun sayangnya untuk menuju ke lokasi bisanya menggunakan sepeda motor, karena akses jalannya jelek.

Jarak dari Kota Medan sekitar 3 jam perjalanan kendaraan bermotor.

Salju panas ini adalah Pamukkalenya Indonesia, sebuah pegunungan sulfur dengan sulfur berwarna putih dan yang satunya lagi berwarna hijau dengan air panas berwarna biru yang di sekelilingnya terdapat sungai. Bukit kapur yang indah dan menawan.

Lokasi: Dolok Marawa, Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara

17. Tempat Wisata Anak Mickey Holiday Berastagi

Mickey holiday Berastagi menjadi wahana bermain keluarga yang sangat seru. Ada banyak sekali wahana bermain disini.

Tempat Wisata Anak Mickey Holiday Berastagi Setidaknya ada 32 wahana yang seru di Funland, Mickey Holiday, sekaligus pemandangan alam yang menakjubkan yang layak dijadikan sebagai destinasi rekreasi Anda.

Apalagi kini manajemen Mickey Holiday telah menyiapkan beberapa wahana baru, sehingga khususnya bagi warga Medan dan Sumatera Utara tak perlu jauh-jauh mengunjungi Jakarta demi menikmati wahana-wahana keren.

Lokasi: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara

18. Taman Alam Lumbini Tempat Wisata di Lereng Gunung

Taman alam lumbini juga menjadi tempat wisata favorit di Karo Sumatera Utara. Lokasinya ada Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Tanah Karo, di daerah lereng Gunung Sibayak.

Taman Alam Lumbini Tempat Wisata di Lereng Gunung Tempat ini menjadi destinasi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain tempat yang begitu alami, taman ini memilki sebuah pagoda yang mirip dengan Pagoda Shwedago di Myanmar.

Pagoda ini milik agama Budha yang panjangnya sekitar enam sembilan meter dengan tinggi sekitar empat puluh enam koma delapan meter. Di sisi lain, daya tarik objek wisata ini adalah di sana terdapat dua ribu lima ratus patung Budha yang begitu kokohnya.

Lokasi: Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Tanah Karo

19. Liburan ke Maha Vihara Adhi Maitreya

Maha Vihara Adhi Maitreya menjadi tempat wisata di Medan selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan. Objek wisata ini bertempat di perumahan Cemara Asri, Medan. Konon, vihara ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia.

Liburan ke Maha Vihara Adhi Maitreya by budi harfian Jika kita akan bertandang ke tempat ini maka hal yang patut diketahui adalah janganlah membuat gaduh di vihara.

Lokasi: Jl. Cemara Asri Boulevard Raya No.Utara, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara

20. Wisata Sejarah Museum Sumatera Utara

Jika anda ingin mengenal budaya, tradisi dan seluk beluk Sumatera Utara silahkan datang ke Museum Sumut. Museum ini ada di Jalan H.M Jhoni Nomor 51, Medan. Museum ini adalah museum terbesar di Sumatera Utara yang memiliki beragam jenis peninggalan sejarah dan budaya Sumatera Utara.

Wisata Sejarah Museum Sumatera Utara Museum yang berdiri di atas lahan seluas 10.468 meter persegi ini terdiri dari dua lantai yang terbagi menjadi beberapa ruangan, yaitu ruangan pameran tetap, ruang pameran temporer, ruang audio visual, dan lain-lain.

Museum Sumatera Utara memiliki 6.799 koleksi yang terdiri dari hewan khas Sumatera, diorama kehidupan pra sejarah, arca peninggalan Hindu – Budha, dan peninggalan bersejarah lain.

Lokasi: Jl. HM. Joni No.51, Teladan Bar., Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara

21. Objek Wisata Danau Siombak di Medan

Danua Siombak menjadi tujuan wisata di Kota medan yang tidak boleh anda lewatkan. Lokasinya ada di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan. Danau Siombak merupakan danau buatan dengan luas mencapai 40 hektar yang terletak di antara Sungai Deli dan Sungai Terjun.

Objek Wisata Danau Siombak di Medan Meskipun danau ini merupakan danau buatan, akan tetapi airnya sangat jernih dengan warna biru kehijauan. Hal ini ini karena di dasar danau ditumbuhi oleh lumut dan ganggang.

Anda bisa melakukan aktivitas memancing di sini. Anak-anak juga bisa berenang di kolam mini atau bermain di kolam mandi bola. Biaya masuk Danau Siombak hanya 2.000 Rupiah saja.

Lokasi: Jl. Ps. Nippon No.Ujung, Paya Pasir, Kec. Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara

22. Tempat Wisata Kuliner Merdeka Walk di Medan

Kalau mau makan-makan, silahkan datang saja Merdeka Walk tepat berada di seberang Balai Kota Lama Medan. Disini anda bisa menikmati aneka sajian kuliner dari berbagai daerah.

Tempat Wisata Kuliner Merdeka Walk di Medan MW merupakan pusat kuliner di Medan, hiburan, dan juga lokasi nongkrong para pemuda terutama pada malam hari. Di sini terdapat beragam jenis gerai makanan khas Medan, western food, dan makanan Asia.

Salah satu spot ternyaman di Merdeka Walk adalah Center Piece, yang merupakan lahan dengan banyak pepohonan rindang. Di Center Piece ini biasanya digelar pertunjukan band, rap, breakers, dan hiburan lainnya.

Lokasi: Jl. Balai Kota, Kesawan, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara

23. Kebun Binatang Medan (Medan Zoo)

Tempat wisata di Medan selanjutnya adalah kebun binatang Medan yang menarik untuk kita kunjungi. Medan Zoo dikelola dan dikembangkan oleh Pemerintah kota Medan dimana terdapat berbagai koleksi hewan tropis, hewan mamalia seperti Harimau, Gajah, Singa, Beruang.

Kebun Binatang Medan (Medan Zoo) Medan Zoo terletak di jalan Pintu Air IV Kelurahan Simalingkar B Kecamatan Medan Tuntungan berjarak sekitar 10 Km dari pusat kota. Tarif Masuk ke tempat wisata ini terbilang murah, cukup dengan Rp. 7.000,- dan buka setiap hari pukul 09.00 s/d 17.00 WIB.

Dari istana Maimun kita akan melanjutkan perjalanan selama beberapa menit untuk mengunjungi Kebun Binatang Medan. Tempat ini menjadi salah satu objek wisata populer dan cocok menjadi alternatif liburan saat akhir pekan atau libur panjang.

Di kebun binatang ini ada banyak sekali hewan yang hidup dengan damai, bahkan ada beberapa diantaranya sudah termasuk hewan langka.

Kamu akan diajak berinteraksi secara langsung dengan hewan – hewan yang hidup di tempat ini, mulai dari berbagai jenis burung, mamalia, reptil, harimau Sumatera, gajah Lampung, dan masih banyak lagi. Buat anak – anak balita di bawah 5 tahun disediakan berbagai arena permainan anak.

Lokasi : Jalan Bungai Rampai , Kel. Simalingkar, Kecamatan Medan Tuntungan, Sumatera Utara.

Baca juga 20 Tempat Wisata di Palembang Sumatera Selatan dan Sekitarnya

24. Tempat Wisata Keluarga Mora Indah di Medan

Taman Mora Indah menjadi tempat bermain yang asyik untuk anak dan keluarga. Di taman ini tersedia berbagai macam wahana air, seperti seluncur, kolam renang, waterboom, dan lain-lain.

Taman Mora Indah terletak tidak jauh dari kota Medan, tepatnya di Tanjung Morawa, Mora Indah. Jalur akses menuju taman ini juga mudah, karena lokasi taman yang terletak di pinggir jalan.

Tempat Wisata Keluarga Mora Indah di Medan Di sini juga terdapat seluncur dengan tinggi 20 meter, yang dapat memacu adrenalin anda. Area kolam bagi orang dewasa juga tersedia di sini, dengan ketinggian setinggi dada orang dewasa.

Area waterpark di sini cukup luas, anak-anak dan orang dewasa dapat bermain dengan leluasa. Jumlah area permainannya pun cukup banyak dan memadai.

Anda akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 saat mengunjungi Taman Mora Indah. Tiket tersebut akan mengalami kenaikan saat liburan atau hari-hari besar. Taman ini buka pada pukul 10 siang hingga pukul 6 sore.

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja, Bangun Mulia, Kec. Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara

25. Tempat Liburan Hairos Water Park Medan

Selain taman mora indah, hairos waterpark juga menjadi tempat liburan yang asyik bersama orang tercinta. Waterpark ini berada di jalan Letjend Djamin Ginting Km 14,5 Medan ini berlokasi tidak jauh dari pusat Kota Medan.

Wahana ini mulai buka mulai dari 10.00 WIB, biasnaya langsung diserbu pengunjung daari medan dan daerah lainnya.

Tempat Liburan Hairos Water Park Medan Ada banyak wahana disini, seperti bom bom car, happy dragon, mini flight, kuda pusing, video game, yang dilengkapi dengan café untuk bersantai.

Ada juga kebun binatang, perahu sampan, motor ATV, kincir angin, kiddy pool (kolam anak), kolam ombak, kolam arus, air terjun, dan waterboom setinggi 30 meter dengan tiga jalur.

Untuk masuk kita harus membayar Rp 50.000 per – orang saat hari libur dan Rp 35 ribu per- orang saat hari biasa. Untuk anak berusia tiga tahun ke bawah tidak dikenakan biaya.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati kursi refleksi yang terdapat di pintu masuk water park. Untuk fasilitas ini pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp10 ribu per – 15 menit. Pengunjung pun akan mendapatkan souvenir berupa stiker ketika keluar.

Lokasi: Jl. Let. Jend Jl. Jamin Ginting No.Km. 14.5, Namo Simpur, Kec. Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara

26. Taman Sri Deli

Taman Sri Deli via Gobatak Peninggalan bersejarah kota Medan selanjutnya adalah Taman Sri Deli yang pada zaman dahulu digunakan oleh para putra dan puteri kesultanan Melayu Deli untuk bersantai atau sekedar nongkrong.

Ada banyak nilai sejarah yang bisa kita ambil dengan mengunjungi tempat ini, salah satunya kita bisa mempelajari mengenai kerajaan – kerajaan yang pernah berkuasa di Medan.

Taman ini pernah terbengkalai beberapa tahun yang lalu, dan kini setelah mendapatkan kembali perhatian dari pemerintah kondisinya sudah jauh lebih baik.

Kolam berbentuk trapesium yang terletak di tengah taman yang dulunya terlihat kotor dan berwarna kecokelatan kini sudah bersih dan jernih kembali.

Lokasi : Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Medan, Sumatera Utara.

27. Museum Situs Kota Cina

Museum Situs Kota Cina via Merdeka Objek wisata kota Medan yang cocok menjadi tujuan berlibur bersama keluarga selanjutnya adalah wisata Museum Situs Kota Cina.

Selain mendapatkan liburan yang menyenangkan, kamu juga akan diajak menikmati wisata edukasi yang memberikan banyak ilmu pengetahuan.

Tempat seperti ini cocok sekali dikunjungi anak – anak dan para remaja yang tengah membutuhkan banyak pengetahuan. Museum ini menyimpan banyak benda bersejarah.

Beberapa koleksi museum yang bisa kamu nikmati seperti artefak yang berasal dari abad ke 12 hingga 14 cntohnya uang kuno, keramik, bermacam patung bersejarah.

Museum ini juga menyimpan replika palsu dari arca Buddha Amithaba yang terbuat dari batu granit berwarna putih.

Lokasi : Jalan Kota Cina, kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Merdeka, Kota Medan, Sumatera Utara.

28. Museum Militer Bukit Barisan

Museum Militer Bukit Barisan via Tripadvisor Sau lagi wisata sejarah yang ada di kota Medan yang wajib dikunjungi, selain memiliki nilai sejarah tempat ini juga merupakan wisata edukasi.

Ada banyak hal yang bisa didapat dengan berkunjung ke Museum Militer Bukit Barisan, yakni wisata keluarga, pelajaran, serta pengetahuan mengenai sejarah bangsa Indonesia.

Bangunan museum dulunya difungsikan sebagai kantor perusahaan asuransi Belanda bernama Arhnehen. Bangunan ini didirikan pada tahun 1928.

Pada masa penjajahan museum ini jatuh ke tangan pemerintahan Indonesia pada tahun 1947 yang kemudian dialih fungsikan sebagai kantor Kodam.

Sesuai dengan namanya, di dalam museum terdapat banyak koleksi perang yakni persenjataan rakyat Sumatera Utara. Selain itu di dalam museum terdapat pula relief menarik yang menceritakan perjuangan masyarakat Sumatera Utara melawan Belanda.

Lokasi : Jalan KH. Zainal Arifin, Kelurahan petisan, kecamatan Medan Petisan, Kota Medan, Sumatera Utara.

29. The Le Hu Garden Medan

The Le Hu Garden Medan Perjalanan wisata kita di kota Medan akan berlanjut menuju sebuah Taman yang bernama The Le Hu Garden Medan. Tempat ini memiliki suasana yang begitu romantis maka tidak heran jika banyak sekali pasangan muda mudi yang menghabiskan waktu di tempat ini.

Taman didesain sangat apik dengan deretan bunga warna warni menghiasi setiap sudut taman. Beberapa bangku taman juga disediakan untuk beristirahat sembari menikmati indahnya bunga bermekaran di taman.

Momen seperti ini tentu tidak boleh lepas dari bidikan kamera. Kamu bisa puas bergaya di tengah taman tentu saja dengan latar belakang bunga warna warni.

Ada pula beragam aktivitas lain yang tidak kalah seru seperti memancing ikan, berkeliling danau menggunakan perahu dan masih banyak lagi.

Lokasi : Jalan Pendidikan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

30. Vihara Gunung Timur

Vihara Gunung Timur Objek wisata kota Medan selanjutnya yang direkomendasikan untuk anda adalah wisata Vihara Gunung Timur. Sesuai dengan namanya tempat ini sebenarnya merupakan tempat ibadah, namun bangunan tua ini juga difungsikan sebagai salah satu objek wisata populer.

Sudah berdiri sejak 1960 dengan luas bangunan sekitar 5.000 meter persegi ini memiliki desain yang apik dengan detail ala Tionghoa.

Bangunan memiliki warna dominan merah dan secara fungsui bangunan ini memiliki aura yang bagus. Kamu bisa menikmati suasana alam sekitar yang sangat indah dan nyaman membuat siapa saja betah berlama – lama di tempat ini.

Lokasi : Jalan Hang Tuah No. 16, Polonia Medan, Medan, Sumatera Utara.

31. Pasar Belawan

Pasar Belawan Pasar Belawan merupakan surganya para pecinta belanja, terutama bagi para pecinta barang antik. Pasar ini sudah sangat terkenal dan populer, jadi belum lengkap rasanya perjalanan wisata kita jika belum mengunjungi pasar Belawan.

Lokasi tepatnya berada di Jalan Pasar kel. Belawan II, Kecamatan Medan Belawar, Kabupaten Medan, Sumatera Utara. pasar ini menyediakan banyak sekali benda – benda antic hasil kerajinan keramik.

Beberapa produk yang dijual seperti guci bercorak Tionghoa, piring, gerabah dan masih banyak lagi dan berusia sangat lama.

Harga yang ditawarkan juga ramah dikantong, meski begitu untuk kualitas yang ditawarkan sangat terjaga dan bisa dibilang kualitas unggul karena didatangkan langsung dari Tionghoa serta Singapura.

Lokasi : Jalan Pasar Kel. Belawan II, Kecamatan Medan Belawan, Kabupaten Medan, Sumatera Utara.

32. Kuil Shri Mariamman

Kuil Shri Mariamman via Gobatak Kuil Shri Mariamman menjadi tempat populer yang juga tidak boleh dilewatkan saat berlibur di kota Medan. Tempat ini merupakan salah satu kuil hindu yang terkenal yang berlokasi di kampung Madras atau kampung keling.

Selain digunakan sebagai tempat beribadah banyak pula wisatawan yang datang berkunjung ingin melihat kemegahan bangunan yang memiliki menara bertingkat berwarna emas dan menjulang indah.

Sesaat tiba di lokasi kuil kita pasti akan terpesona dengan keindahan bangunannya serta setiap detail yang dimiliki kuil.

Selain itu pemandangan di sekitar juga tidak kalah menarik. bangunan juga berusia sangat tua karena didirikan pada tahun 1876.

Lokasi : Jalan Teuku Umar No. 16, Kelurahan Babura Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Kabupaten Medan, Sumatera Utara.

33. Gedung London Sumatera ( Losum )

Gedung London Sumatera Gedung London Sumatera Utara menjadi salah satu tempat wisata di Medan yang tidak boleh dilewatkan. Kota Medan memang menyimpan banyak sekali cerita bersejarah pada zaman penjajahan, dengan bukti sejarah berupa benda – benda peninggalan bangsa asing di negeri ini.

Salah satunya adalah Gedung London Sumatera yang merupakan peninggalan kolonial Eropa. Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1906, dengan konsep rumah putih.

Uniknya lagi gedung ini merupakan bangunan pertama yang menggunakan lift di kota Medan dan didirikan oleh perusahaan Inggris yang terkenal yakni Harrisons & Crosfield yang kini sudah dialih fungsikan sebagai gedung perkantoran.

Lokasi : Jalan Ahmad Yani No. 2, Kelurahan Kesawan. Kecamatan Medan barat, Sumatera Utara.

34. Kesawan Square

Kesawan Square via Asiaexplorers Anda ingin merasakan suasana santai yang menyenangkan saat berlibur ke kota medan, maka bisa mencoba berkunjung ke Kesawan Square.

Kawasan ini sebenarnya merupakan wilayah pecinan kota Medan, namun memiliki daya tarik yang luar biasa sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Salah satunya kita bisa menikmati secangkir kopi sembari melihat – lihat gedung bersejarah di sekitarnya seperti Rumah Sakit Tembakau Deli, Gedung Jakarta Lloyd, Kantor Pos Besar Medan dan masih banyak lagi.

Suasana yang tidak kalah seru adalah saat menjelang malam, maka kawasan ini akan berubah menjadi pasar malam yang dipenuhi dengan tenda – tenda pedagang makanan, maka kamu bisa puas berwisata kuliner sembari menikmati suasana malam kota Medan.

Lokasi : Jalan KL Yos Sudarso, Kesawan, Medan Barat, Kesawan, Medan, Sumatera Utara.

35. Balai Kota Lama

Balai Kota Lama via Tribune Medan Perjalanan wisata kita di kota Medan belum berakhir sampai disini, ada banyak tempat yang akan kita kunjungi selanjutnya, salah satunya adalah wisata Balai Kota Lama yang terletak di jalan Balai Kota No. 1, Medan, Sumatera Utara.

Tempat ini cocok sekali dikunjungi para pecinta bangunan kuno yang klasik. Memiliki gaya arsitektur khas Eropa kuno yang sangat cantik, membuat kita betah berlama – lama di tempat ini.

Bangunan ini sudah berusia sangat lama, karena sudah berdiri sejak 1908 yang dibangun oleh Hulswit dan Fermont.

Pada masa jaman penjajahan gedung ini difungsikan sebagai tempat pertemuan para pejabat tinggi dan menjadi saksi bisu sejarah panjang kota Medan.

Lokasi : Jalan Balai Kota No. 1, Medan, Sumatera Utara

36. Masjid Al-Osmani

Masjid Al-Osmani Perjalanan wisata kita akan berlanjut ke wisata religi bagi umat muslim yang ada di kota Medan yakni wisata Masjid Al-Oshmani yang terletak di kawasan Jalan Kol Yos Sudarso, KM 19,5, Labuhan, Pekat Labuhan, Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Masjid bukan hanya digunakan sebagai tempat ibadah saja, namun banyak wisatawan yang datang berkunjung karena penasaran dengan kemegahan arsitekturnya.

Masjid dibangun dengan menggabungkan beberapa unsur budaya yakni Timur Tengah, Tiongkok, India, Melayu serta Spanyol. Dinding – dinding masjid dibuat dengan gaya India berwarna kuning cerah.

Lokasi : Jalan Kol Yos Sudarso, KM.19,5, Labuhan, Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara.

37. Wonders Water World

Wonders Water World via IG @hendravitara Tempat wisata di Medan selanjutnya adalah wisata Wonders Water World yang berskala internasional. Tempat ini sangat disukai anak – anak karena memiliki banyak sekali wahana permainan anak yang seru.

Dijamin anak – anak tidak akan merasa bosan saat datang berkunjung, bahkan selalu rindu ingin kembali berkunjung. Untuk anak – anak disediakan kolam renang khusus serta seluncuran dengan ketinggian sedang.

Beberapa wahana yang disediakan diantarana, Pipe Line, Super Loop, Bulet Bowl, Tunnel Twister serta Topsy Turvy. Tersedia pula kolam renang berbagai ukuran, kolam ombak dan masih banyak lagi.

Lokasi : Jalan Padang Golf CBD Polonia, Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara.

38. Gereja Lama Medan

Gereja Lama Medan Gereja Lama Medan menjadi tujuan wisata kita selanjutnya. Sesuai dengan namanya, tempat ini sebenarnya merupakan tempat beribadah umat Nasrani yang usia bangunannya sudah sangat tua.

Gereja ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1921. Bagian gerejanya terletak pada menara berbentuk persegi panjang yang ada di tengah bangunan tua tersebut. gereja ini memiliki desain yang menarik sehingga menjadi daya tarik utamanya.

Uniknya lagi gereja ini memiliki sebuah lonceng raksasa, biasanya para wisatawan tidak lupa foto – foto di depan lonceng dan di beberapa lokasi strategis. Buat para tamu yang ingin masuk ke dalam gereja diwajibkan melapor ke sekretariat gereja.

Lokasi : kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Sumatera Utara.

39. Kantor Pos Medan

Kantor Pos Medan via Tribun Medan Satu lagi objek wisata bersejarah yang cukup populer di kota medan yakni wisata kantor Pos Medan. Bukan seperti kantor pos pada umumnya yang ada di kota lain, sebab kantor pos yang ada di kota Medan ini merupakan salah satu saksi bisu sejarah kota Medan melawan penjajahan.

Bangunan kantor pos didirikan secara megah pada tahun 1911 yang berlokasi di titik nol kota Medan oleh pemerintah Hindia Belanda.

Memiliki arsitektur yang unik dengan struktur kubah berwarna putih serta jendela – jendela besar berbentuk setengah lingkaran khas negeri Belanda membuat banyak wisatawan merasa tertarik untuk datang berkunjung ke tempat ini.

Lokasi : Jalan Pos No. 1, Kesawan, Medan Barat, Sumatera Utara.

40. Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion Tjong A Fie Mansion menjadi salah satu tempat wisata di Medan. Tempat ini merupakan bangunan berbentuk mansion atau rumah besar yang didirikan pada tahun 1895 oleh saudagar Tionghoa suku Hakka bernama Tjong A Fie.

Bagunan tua bersejarah ini kini difungsikan sebagai museum atraksi budaya kota Medan yang bertemakan Asia. Museum ini sangat populer di kota Medan dan sekitarnya membuatnya selalu ramai dikunjungi

Bangunan memiliki ukuran mencapai 8.000 meter persegi dan dibagi atas 35 ruangan dengan desain interior yang sangat megah dan terlihat begitu autentik. Bangunan didesain dengan menggabungkan beberapa unsur seperti Melayu, Tionghoa, serta art deco.

Lokasi : Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 105, Kesawan, Medan Barat, Sumatera Utara.

41. Graham Santa Maria Velangkanni

Graham Santa Maria Velangkanni Objek wisata yang satu ini merupakan wisata religi bagi umat Nasrani yakni mengunjungi Graha Santa Maria Velangkanni yang berlokasi di Jalan Sakura 3 No. 7, Perumahan Taman Sakura Indah, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Kabupaten Medan, Sumatera Utara.

Bangunan ini merupakan gereja Katolik yang menyerupai Kuil Umat Hindu di India. Bangunan ini didesain oleh pastor James Bharataputra S. J.

Memiliki desain bernilai seni tinggi yang menggabungkan unsur Indo – Mogul membuat gereja Graha Santa Maria Velangkanni semakin menarik untuk dikunjungi.

Banyak sekali wisatawan yang tidak mau ketinggalan berfoto di depan bangunan dan di sudut – sudut yang memiliki spot menarik.

Lokasi : Jalan Sakura 3 No. 7, Perumahan Taman Sakura Indah, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Tags
Close